Penulis : Ha Halim Ibnu Hafidz
Ulasan : Wacasik
Buku ini kita akan belajar untuk memahami bagaimana cara berbisnis islami yang sukses diterapkan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam.
Buku ini kita akan belajar untuk memahami bagaimana cara berbisnis islami yang sukses diterapkan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam.
Banyak hal sepertinya Muhammad itu terlalu baik hati kepada pembeli, terlalu memanjakan konsumen, padahal di balik itu semua ternyata banyak berkah yang diperoleh, dan keuntungan bisnis yang diperoleh pun malah lebih besar.
Pembentukan kesuksesan wirausaha Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam :
Pembentukan kesuksesan wirausaha Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam :
1. Kompetensi
2. Jejaring bisnis
3. Kerja keras
4. Penampilan yang baik
5. Pandai membuat keputusan
6. Semangat belajar, menambah pengetahuan
7. Pandai berkomunikasi
8. Ambisi yang kuat
9. Kepemimpinan
Prinsip bisnis manajemen bisnis modern yang diterapkan Muhammad Saw yaitu kepuasan pelanggan, pelayanan yang unggul, kemampuan efisiensi, transparansi, persaingan yang sehat dan kompetitif.
Etika bisnis islam :
2. Saling rela
3. Menghindari riba
4. Tidak menjual belikan yang haram
5. Tidak mengandung Gharar dan Maisir
6. Jangan Memonopoli
7. Berilah tempo pembayaran
8. Penipuan dan kecurangan
Strategi Bisnis Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam :
2. Kebijakan produk (kualitas produk & transparansi)
3. Strategi harga murah
4. Promosi yang fair (mouth to mouth)
5. Distribusi yang luas
6. Pelayanan prima
7. Jejaring bisnis antarnegara
8. CSR, untuk profit dan kemaslahatan
9. Pebisnis kelas internasional
Tips Bisnis Islami
Tegaskan sejak awal apa tujuan bisnismu. Niatkanlah bisnismu dalam rangka mengagungkan dan melaksanakan perintah Allah Ta''ala.
Yakinlah bahwa tata cara bisnis yang sesuai syariat islam adalah sesuatu yang mutlak, telah terbukti mendatangkan keberkahan.
2. Karateristik pebisnis muslim
2. Karateristik pebisnis muslim
a. Takwa, tawakal
b. Niat ibadah
c. Jujur
d. Profesi sebagai amanah
e. Silaturahmi
f. lebih pagi lebih bagus
g. Berzakat dan berinfak
h.Toleransi
i. Change
Teknik unggul pelanggan pelayanan
2. Kumpulkan input pelanggan
3. Bersikap fleksibel
4. Selalu bilang ya (ya kecil)
5. jangan obral janji
Mengembangkan SDM
2. Jangan melakukan tindakan yang terlalu lambat dalam mengeluarkan keputusan-keputusan.
3. Libatkan karyawan dalam melakukan strategi pengembangan dan pelaksanaan kerja
4. Katakan terus terang
5. Berikan penghargaan pada karyawan terbaik
6. Pilihlan karyawan yang cocok dibidangnya
7. Kembangkan keahlian secara konstan
Tips melakukan perubahan yang efektif
2. belajar sepanjang masa
3. Selalu hidup sehat
4. pandanglah perubahan sebagai peluang
5. kembangkan dan jaga kerja sama tim yang kuat
6. kembangkan spiritualitasmu
7. Menerapkan ritual.